Are you the publisher? Claim or contact us about this channel


Embed this content in your HTML

Search

Report adult content:

click to rate:

Account: (login)

More Channels


Showcase


Channel Catalog


Channel Description:

Resepkuekomplit.com adalah situs kumpulan aneka resep kue basah, kue kering, cemilan dan makanan ringan terlengkap. Selain itu, resep kue kekinian dan resep paling viral dapat ditemukan disitus masakan ini.
    0 0

    Resep Tumis Sosis - Punya banyak stok sosis di rumah bunda? Mau coba bikin menu yang enak dan simpel masaknya? Gampang nih kalau mau buat menu hidangan makan malam keluarga, ada resep tumis sosis yang gampang dan dijamin enak yang bisa dicoba. Ini dia resepnya.

    1. Resep Tumis Sosis Sederhana

    Resep Tumis Sosis Sederhana

    Bahan:
    • Sosis Sapi, Potong, Kerat Atasnya
    • Bawang Putih Cincang
    • Bawang Bombay Iris
    • Paprika Merah (disini menggunakan cabe merah besar)
    • Paprika Hijau (di skip)
    • Kecap Manis
    • Saus Sambal
    • Saus Tomat
    • Kecap Inggris
    • Gulpas, Garam, Lada
    • Air Secukupnya
    • Minyak Goreng
    Cara Memasak :
    1. Tumis Sosis Sebentar, Sisihkan.
    2. Di wajan yang Sama, Tumis bawang dan Paprika hinga Harum.
    3. Masukkan Bumbu dan sedikit Air, Aduk Rata.
    4. Masukkan Sosis, Oseng Sampai Tercampur.
    5. Cek rasa. Angkat dan Sajikan.

    2. Resep Tumis Sosis Asam Manis

    Resep Tumis Sosis Asam Manis


    Bahan :
    • 2 buah sosis ukuran besar potong-potong sesuai selera
    • 2 siung bawang putih di iris
    • 1/2 buah bawang bombay di iris
    • 2 sdm saus sambal
    • 1 sdm saus tomat
    • 1 sdm saus tiram
    • 2 sdm kecap manis
    • 3 sdm minyak goreng
    • sedikit kaldu bubuk instan sebagai pengganti garam.
    • air sedikit saja.
    Cara Masak :
    1. Goreng sosis terlebih dahulu sebentar saja. Gunakan minyak sisa menggoreng untuk menumis bawang putih dan di susul masukkan bawang bombay hingga layu dan tercium aroma yang harum.
    2. Masukkan sosis nya dan beri saus sambal, saus tomat, saus tiram dan kecap manis. Tuangi air sedikit aja masak sampai air menyusut.
    3. Cek rasa..angkat dan Tumis Sosis Asam Manis pun siap di sajikan.

    3. Tumis Sosis Asam Manis Bumbu Bawang Bombay

    Tumis Sosis Asam Manis Bumbu Bawang Bombay

    Bahan :
    • 8 buah sosis sapi
    • 1 bombay
    • 2 cabe merah besar
    • 2 cabe hijau besar
    • 2 siung bawang putih ukr besar
    • 1 tomat merah ukr kecil
    • saos tiram, kecap inggris, saos sambel, saos tomat, kecap manis (takaran saos & kecap sesuai selera ya)
    • 1/2 sdt lada bubuk
    • 1 sdm margarin
    • Garam
    Cara Membuatnya:
    1. Potong sosis, kerat ujungnya jgn sampai putus
    2. Panaskan margarin, tumis bawang putih cincang sampai harum, masukkan potongan sosis & tomat cincang, aduk-aduk sampai rata lalu masukkan sekitar segelas kecil air matang, bumbui saos2, kecap2, lada bubuk dan garam
    3. Setelah air mulai susut, masukkan potongan cabe dan bombay, masak lagi sampai cabe dan bombay layu.
    4. Koreksi rasa, Angkat dan hidangkan Tumis Sosis Asam Manis Bumbu Bawang Bombay selagi hangat.

    4. Masakan Tumis Sosis Paprika

    RESEP TUMIS SOSIS PAPRIKA
    By : xanderskitchen
    Bahan:
    • 1 bks sosis ayam
    • 1 bh bawang bombay, iris kasar
    • 1 siung bawang putih, cincang
    • 1/4 bh paprika hijau , iris
    • 1/4 bh paprika merah , iris
    • 1 sdm saus tomat
    • 1 sdm saus sambal
    • 1 sdm kecap manis
    • 1 sdm kecap inggris
    • Garam, gula, merica, air secukupnya
    Cara masak :
    1. Potong2 sosis
    2. Panaskan olive oil, tumis sebentar sosis. Sisihkan
    3. Tumis bawang putih, bawang bombay dan paprika. Tumis sampai harum
    4. Tambahkan saus tomat, saus sambal kecap manis, kecap inggris, garam, gula, merica dan air secukupnya. Masukkan sosis
    5. Masak sampai mendidih, saus meresap. Angkat.
    6. Sajikan Masakan Tumis Sosis Paprika bersama nasi hangat dan juga kerupuk.

    5. Resep Tumis Sosis Cabe Hijau

    By @pritha_pitha
    Bahan:

    • 4 buah sosis (saya pakai bockwurst) potong kembang
    • 1/2 bawang bombay iris
    • 3 bawang putih geprek
    • 3 bh cabe hijau/ paprika, iris
    • 3 sdm kecap manis
    • 3 sdm saus tomat
    • 2 sdm saus tiram
    • 2 sdm saus cabe
    • Air
    • Merica
    • Garam jika perlu
    • Minyak utk menumis
    Cara membuat:
    1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
    2. Masukkan sosis lalu aduk. Setelah sosis mengembang, masukkan air dan saus2an.
    3. Masak hingga kuah mengental dan matang.
    4. Terakhir masukkan cabe hijau. Matikan api. Angkat

    Kumpulan Resep Tumis Sosis diatas biasa kalian jadikan sebagai bahan referensi, boleh kalian pilih salah satu resep yang menurut kalian paling mudah untuk dicoba, tapi baiknya sih coba semua resep masakan diatas buat varian menu yaa.. Selamat Masak..!

    0 0

    Resep Sushi Mie Enak - Buat kamu penggemar Mie Instan, bosen dengan olahan mie yang gitu-gitu aja? Ada cara baru nih buat kamu lebih menikmati mie kesayangan dengan kreasi olahan mie baru yang lebih kekinian selain Donat Mie, namanya Sushi Mie. Yaitu kudapan lezat yang dibuat dari bahan Mie Instan dan sosis dengan kombinasi bahan lainya sehingga tercipta hidangan mie super enak Sushi Mie. Pengen tau bagaimana cara membuatnya dan apa saja resepnya? Yuk simak Resep Sushi Mie dibawah ini.
    Resep dan Cara Membuat Sushi Mie

    BAHAN:
    • 2 Buah Mie instan goreng
    • 2 Lembar rumput laut yang besar dan kotak
    • 1 Buah timun Jepang
    • 2 Buah Sosis sapi ukuran kecil/sedang
    • 1 sdm Saos Sambal
    • 3 sdm Mayonaise


    CARA MEMBUAT SUSHI MIE:

    1. Rebus mie instan terlebih dahulu sesuai petunjuk yang ada pada kemasan.
    Cara Merebus Mie Instan

    2. Campurkan mayonaise dan saos sambal.

    Cara Mencampur Bumbu Mie Instan

    3. Oseng sosis sebentar hingga panas.
    4. Iris tipis memanjang timun Jepang
    5. Siapkan tatakan Sushi, beri2 lembar rumput laut. Kemudian beri sedikit saos sambal lalu ratakan.
    Tatakan Sushi

    6. Selanjutnya, masukkan mie instan goreng yang sudah direbus tadi, beri sosis dan timun jepang iris.
    Cara Menuangkan Mie Instan

    7. Kemudian gulung dan rekatkan hingga membentuk seperti gulungan sushi.
    Gulung Sushi

    8. Potong dan sajikan Sushi Mie.
    Cara Memotong Sushi Mie


    Sangat mudah bukan cara membuat Sushi dari Mie Instan diatas? Cobain deh resep masakan dari @iusandthefoods sangat mudah dan praktis kok. Selamat Masak!

    0 0

    Resep Aneka Sambal Bajak - Hampir sebagian besar dari masyarakat Indonesia sangat menyukai kuliner pedas. Untuk memperoleh rasa kuliner yang pedas tersebut, sudah pasti sambal menjadi santapan yang wajib karena dari sambal inilah rasa pedas sebuah masakan bisa muncul.

    Indonesia yang sangat terkenal dengan keaneka ragaman budayanya terdapat banyak sekali jenis dan varian sambal pedas dan nikmat yang bisa kita rasakan. Mulai dari sambal sambal bawang, sambal tomat, sambal terasi, sambal mangga, sambal dabu-dabu, sambal matah dan masih banyak lagi jenis sambal lainya. Dan, salah satu jenis sambal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah sambal bajak.

    Lalu, Apa itu sambal bajak? dan Sambal bajak itu asalnya darimana?
    Sambal bajak sendiri merupakan jenis olahan sambal yang cukup populer dan terkenal di daerah Jawa Tengah. Kamu bisa dengan mudah menemukan sambal bajak ini di rumah-rumah makan tegal (warteg) atau yang sejenisnya. Dibandingkan dengan jenis sambal yang lainnya, sambal bajak ini sebenarnya cenderung tidak terlalu pedas, buat kamu yang kurang suka dengan pedas, maka sambal bajak ini patut kamu coba.

    Sambal bajak ini juga sangat cocok disantap dan dikombinasikan dengan ayam goreng, ikan goreng, tempe, tahu, hingga gorengan yang banyak dijual di pinggir jalan. 

    Nah, buat kamu yang ingin coba sendiri untuk membuat sambal bajak yang super lezat dengan cara super sederhana, jangan lupa coba resepnya di dibawah ini.

    5 Kumpulan Resep Sambal Bajak Enak Yang Pedas dan Istimewa

    1. SAMBAL BAJAK CABAI IJO
    SAMBAL BAJAK CABAI IJO
    By @gohana_navra

    BAHAN:
    • Segenggam cabai rawit 
    • 8 cabai hijau keriting
    • 5 siung bawang putih
    • Garam secukupnya
    • Minyak panas secukupnya

    CARA MEMBUAT SAMBAL BAJAK CABAI IJO :
    1. Goreng cabai dan bawang terlebih dahulu sebentar saja.
    2. Jika sudah, kemudian ulek kasar. Jangan lupa beri sedikit garam.
    3. Kemudian yang terakhir, siram sambal dengan minyak goreng panas.
    4. Sajikan.

    2. SAMBAL BAJAK CABAI MERAH
    SAMBAL BAJAK CABAI MERAH
    By. @siska_dewi_lestari

    Bahan yang dihaluskan:
    • 15 bh Cabe rawit
    • 5 bh cabe keriting
    • 5 siung bawang merah
    • 3 siung bawang putih
    • 1 bh tomat
    • 1 sachet terasi

    Bahan lainya:
    • 2 lbr daun salam
    • 1 serai, memarkan
    • Sedikit lengkuas, memarkan
    • 1 sdt gula merah
    • Garam secukupnya

    CARA MEMBUAT SAMBAL BAJAK CABAI MERAH:
    1. Tumis terlebih dahulu bahan-bahan yg sudah dihaluskan seperti: cabai, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi, lalu masukkan bahan lainnya. 
    2. Tumis sampai agak lama supaya sambal benar-benar matang dan bisa tahan lama, jika minyaknya kurang, tambahkan sedikit-sedikit.
    3. Cek rasa, jika rasanya sudah pas angkat dan sajikan.

    3. SAMBAL BAJAK SIMPLE
    SAMBAL BAJAK SIMPLE
    By. @siska_dewi_lestari 
    BAHAN :
    • 1/2 genggam cabe rawit
    • 12 bh cabe merah keriting
    • 1,5 buah tomat merah
    • 7 siung bawang merah (kurang lebih)
    • 2 sachet terasi
    • 1,5 sdm gula merah
    • gula dan garam secukupnya

    CARA MEMBUAT SAMBAL BAJAK SIMPLE:
    1. Cuci bersih cabe, bawang, tomat. Potong-potong cabe keriting, belah tomat menjadi bbrp bagian dan bawang merah jika ukuran bawangnya agak besar.
    2. Tumis tomat, cabe, bawang, terasi sampai layu, angkat.
    3. Uleg bahan yang sudah ditumis tadi, beri gula merah, garam dan sedikit gula pasir. Cek rasa.
    4. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis kembali sambal yang telah diuleg sampai benar2 matang hingga mengeluarkan minyak atau kandungan airnya menyusut. 
    5. Sajikan atau Simpan pada toples/wadah tertutup.

    4. SAMBAL BAJAK JERUK LIMAU
    SAMBAL BAJAK JERUK LIMAU
    By@faraleyama
    BAHAN:
    • 100gr cabe rawit
    • 10buah cabe keriting
    • 10 bawang merah
    • 2siung bawang putih -
    • 1buah tomat merah kecil
    • 2sdm terasi (me ; terasi yg sdh dibakar)
    • 1,5sdt garam
    • 2sdt kaldu jamur
    • 1sdm gula
    • 1buah jeruk limau

    CARA MEMBUAT SAMBAL BAJAK JERUK LIMAU :
    1. Goreng cabe rawit, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, tomat sampai setengah matang
    2. Siapkan cobek tuang bahan sambal, tambahkan terasi bakar lalu uleg sampai lembut
    3. Beri air jeruk limau 
    4. Tumis sambal di minyak panas hingga berminyak (Me : minyak sedikit krn ga begitu suka byk minyak )
    Nb; - cabe rawit belah bagian pangkal supaya waktu di goreng cabe tdk meletus / mbledos - gunakan minyak utk menumis sambal bekas menggoreng ikan atau ayam, rasanya lebih gurih

    5. SAMBAL BAJAK TOMAT TERASI
    SAMBAL BAJAK TOMAT TERASI

    BAHAN :
    • 50 gr cabe rawit
    • 50 gr cabe keriting
    • 50 gr bawang merah
    • 100 gr tomat
    • 1 sachet terasi .garam secukupnya
    • gula merah secukupnya
    • minyak goreng secukupnya

    CARA MEMBUAT SAMBAL BAJAK TOMAT TERASI:
    1. Goreng cabe merah, cabe rawit, tomat dan bawang merah, angkat dan ulek bersama terasi, garam dan gula sampai halus dan goreng lagi..selesai
    2. Siap di sajikan bersama rawon, sayur bobor, ayam goreng dll.

    Jika kamu pengen lihat Video Cara Membuat Sambal Bajak, kamu bisa lihat videonya dibawah ini:

    Nah, itulah cara membuat sambal bajak pedas spesial yang bisa kamu coba di rumah. Rasanya bakal tidak akan kalah dengan sambal buatan warteg deh. Selamat mencoba yaa..!

    0 0

    Kue Bolu - Banyak sekali jenis dan variasi kue bolu, ada Bolu Tape, Bolu Pisang, Bolu Labu Kuning, Bolu Jagung, dan masih banyak lagi variasi bolu lainya. Karena panganan ini merupakan hidangan ringan yang enak sebagai teman ngopi dan ngeteh, sehingga bolu menjadi menu yang paling disukai. 
    Resep dan Cara Membuat Bolu Susu Lembang

    Nah, ada satu lagi kue bolu yang enak dan tidak bikin eneg, yaitu Bolu Susu Lembang. Kue bolu lembang ini sangat enak dan gurih, kamu pun bisa membuatnya sendiri dirumah. 

    Buat kamu yang pengen mencicipi bolu lembang ini, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana. Untuk mendapatkan rasa yang enak dan lezat, coba deh ikuti resep dan panduan cara membuat kue bolu lembang dibawah ini.

    RESEP DAN CARA MEMBUAT BOLU SUSU LEMBANG


    BAHAN:
    • 2 butir telur
    • 100 gr gula pasir
    • 60 gr tepung terigu
    • 1/2 sdt baking powder
    • 1/2 blok keju cheddar parut 
    • 70 gr mentega (lelehkan)
    • 1 sachet susu kental manis


    BAHAN TOPPING VLA :
    • 250 ml susu cair full cream
    • 1 1/2 sdt tepung maizena (larutkan dengan 5 sdm air)
    • 3 sdm gula pasir
    • 1 sdt vanilla essence


    CARA MEMBUAT BOLU SUSU LEMBANG :
    1. Langkah pertama, panaskan kukusan. Siapkan loyang loaf, olesi loyang dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu tipis. Sisihkan.
    2. Selanjutnya, mixer telur, gula pasir hingga mengembang kental.
    3. Tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak, aduk rata menggunakan spatula.
    4. Kemudian masukkan keju parut, aduk rata. Lalu tambahkan mentega cair dan susu kental manis, aduk rata.
    5. Tuangkan adonan kue bolu kedalam loyang yang sudah ditaburi terigu tipis diatas lalu kukus kurang lebih selama 30 menit atau sampai bolu matang.
    6. Angkat dan sisihkan agar dingin.


    CARA MEMBUAT VLA BOLU:
    1. Masukkan susu cair, tepung maizena yang sudah dilarutkan kedalam air, tambahkan gula pasir dan vanilla essence. 
    2. Masak dan aduk-aduk sampai tercampur rata dan mendidih atau meletup-letup. 
    3. Matikan api dan biarkan hangat.
    4. Kemudian tuangkan vla diatas kue bolu lembang yang sudah dibuat diatas, dan jangan lupa taburi dengan keju parut.
    5. Kue bolu susu lembang pun siap untuk disajikan dan disantap bersama keluarga tercinta.

    0 0

    Video Panduan Cara Membuat Kebab Pisang Keju
    RESEP KEBAB PISANG KEJU
    Cara Membuat Kebab Pisang Keju

    Bahan-Bahan:  
    • 4 lembar Tortilla/Kebab Wrap 
    • 4 buah Pisang Ambon Matang 
    • 200 gr Hazelnut Choco Spread 
    • 100 gr Chocolate Sprinkle Dark 
    • 200 gr Keju Kraft . 
    Garnish: 
    • Strawberry 
    • Hazelnut Choc Spread 
    • Mint Leaves
    Cara Membuat: 
    1. Siapkan tortilla wrap, beli hazelnut chocolate spread, Beri pisang yang diiris tipis memanjang, Beri sprinkles dan keju parut. Lipat dan bungkus membentuk kebab 
    2. Di teflon, panggang kebab hingga warnanya kecoklatan 
    3. Beri garnish strawberry, hazelnut chocolate spread, dan mint leaves . 

    0 0

    Resep Cara Membuat Chicken Pot Pie - Hujan-hujan seperti ini enaknya makan yang kuah-kuah dan hangat, Yuk kita buat Chicken Pot Pie ala chef @janesusanto aja. Dijamin Nagih deh!

    RESEP CHICKEN POT PIE
    Resep Chicken Pot Pie

    Bahan tumisan: 
    • 1 Bawang bombay potong kecil-kecil 
    • dada ayam potong kecil-kecil 
    • lada secukupnya 
    • garam secukupnya 
    • 250 gr mix vegetable .
    Bahan saus: 
    • 3 sdm mentega tawar 
    • 3 sdm tepung terigu 
    • 400 ml air kaldu ayam 
    • 125 ml krim masak . 

    Bahan topping: 
    • lembaran Puff 
    • 2 telur 

    Cara membuat Chicken Pot Pie: 
    1. Tumis bahan tumisan hingga ayam berubah warna jadi putih. 
    2. Bahan saus, campurkan mentega dengan tepung terigu, aduk-aduk hingga tercampur. 3. Masukan air kaldu ayam secara bertahap hingga kental. 
    3. Tuang saus ke adonan ayam & sayur yang tadi sudah ditumis, serta aduk rata. 
    4. Masukan krim masak, aduk kembali hingga rata.
    5. Untuk bahan penutup/toppingnya, Puff dipotong mengikuti tutup/ tempatnya. 
    6. Lubangi tengah puff agar ada udara dan tidak meletup. 
    7. Lumuri puff dengan telur yang sudah dikocok. 
    8. Panggang di oven yang telah di preheat panas selama 15-20 menit. 
    9. Apabila puff sudah naik, bisa dihidangkan, dan makan selagi hangat.

    Incoming search :resep kue, recipe, pot, chicken pot pie, dinnerinspiration, kuliner, food, foodporn, foodgasm, foodie, foodstagram, instafood, cookingvideo, videomasak, delicious, masak, cara masak, bestofthedays, ivgfood, makananindonesia, uploadkompakan, kulinerindonesia, berbagiresep, resepindonesia 

    0 0

    Resep dan Cara Membuat Cendol - Cendol adalah minuman khas Nusantara atau lebih tepatnya berasal dari Sunda. Minuman ini aslinya dibuat dari bahan tepung hunkwe, namun saat ini cendol banyak dibuat dari bahan tepung beras. Cendol disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. 
    Resep Es Cendol

    Rasa minuman ini cenderung manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan untuk di daerah Jawa Tengah minuman segar ini dikenal dengan nama es dawet.

    Nah, untuk membuat es cendol asli tepung hunkwe yang enak dan segar ada beberapa bahan yang perlu kalian persiapkan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa ikuti resep dan cara membuat cendol enak dibawah ini.

    Resep Cara Membuat Es Cendol Hunkwe Enak dan Mudah
    Resep Es Cendol Hunkwe
    Es Cendol Hunkwe By @uthinute
    Bahan cendol:
    • 100 gr tepung beras (me: rose brand)
    • 65 gr tepung hunkwee (merk bebas)
    • 50 gr tepung tapioka/sagu (merk bebas)
    • 500 ml air
    • 250 ml endapan air pandan
    • 1/2 sdt garam

    Bahan santan:
    • 1 liter santan dr perasan 1 buah kelapa
    • 1/2 sdt garam
    • 2 lembar daun pandan

    Bahan gula :
    • 200 gr gula merah
    • 100 gr gula pasir
    • 700 ml air

    Cara Membuat Cendol:
    1. Bahan cendol; campur semua bahan jadi satu aduk rata, saring.
    2. Masak dgn panci sambil trs diaduk supaya tdk berbutir. Sisihkan.
    3. Masukkan adonan dlm cetakan cendol.
    4. Tekan diatas baskom yg berisi air.
    5. Bahan santan; masak santan, daun pandan dan garam hingga mendidih, sambil trs di aduk supaya santan tdk pecah.
    6. Bahan gula; didihkan air, masukkan gula merah dan gula pasir. Masak sampai mendidih. Sisihkan.
    7. Tiriskan cendol, sajikan dgn kuah santan dan gula. Sajikan dingin lebih enak.

    0 0

    Jus Buah Kekinian, Manggo Thai - Minuman jus mangga yang dikombinasikan dengan berbagai bahan seperti whipped cream dan yogurt ini kini lagi hits di Indonesia. Yups, namanya Manggo Thai. Seperti namanya, Manggo Thai merupakan minuman jus yang berasal dari Thailand, dimana negara ini merupakan salah satu negara penghasil buah mangga berkualitas terbaik.
    Resep King Manggo Thai

    Saking populernya minuman jus Mango Thai ini, sekarang banyak bermunculan kafe dadakan khusus yang menjual minuman yang lagi hits ini. Harga untuk satu gelas minuman Mango Thai yang dijual di mall atau kafe bisa dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, sekitar 50 ribu rupiah. Harga ini tentunya cukup lumayan ya bisa buat beli mangga lokal berapa kilo tuh.. hehe.

    Nah, Buat kamu yang males ngantri ataupun nggak mau keluar uang banyak, mendingan nih buat sendiri aja di rumah! Gampang kok, kamu bisa ikuti resep dan cara membuat king manggo Thai dibawah ini:

    Resep Cara Membuat Jus Manggo Thai Kekinian Yang Enak dan Segar
    Resep Cara Membuat Manggo Thai

    Bahan Jus Manggo Thai:
    • 2 buah mangga arum manis
    • santan secukupnya/ whipped cream
    • yogurt/yakult secukupnya (saya skip)
    • gula secukupnya (saya pakai gula cair merk rosebrand)
    • air es/dingin secukupnya


    Cara Membuat Jus Manggo Thai:
    1. Simpan mangga dalam kulkas sampai dingin, lalu cuci mangga kemudian kupas kulitnya.
    2. Potong kotak2 mangga, sisihkan.
    3. Blender mangga (jangan lupa sisakan sedikit untuk topping), tambahkan sedikit air sampai tekstur tdk terlalu kental lalu tambahkan gula cair sesuai selera (tidak pakai juga tdk apa2 krn mangga sudah manis)
    4. Tuangkan jus mangga kedalam gelas sampai setengah, lalu tambahkan santan sedikit (jng banyak2 nanti eneg) kemudian tambahkan lagi jus mangga sampai hampir penuh. tambahkan topping irisan mangga.

    0 0

    Kue Nagasari - Kue basah yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang ini termasuk ke dalam kategori kue tradisional dan jajanan pasar yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kue nagasari ini memiliki ciri khas cita rasa manis dan enak, pisang yang dijadikan sebagai bahan isianya memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus.
    Resep dan Cara Membuat Kue Nagasari Jajanan Pasar Khas Indonesia

    Kue Nagasari ini umum disajikan untuk jamuan pada saat ada acara-acara tertentu untuk hidangan para tamu, selain itu kue tradisional khas Pulau Jawa ini juga selalu dirindukan para pecintanya. dan Nagasari sangat pas dijadikan sebagai camilan sore ini. Coba rasakan manis dan lembutnya saat gigitan pertama.

    Selain cara membuat kue nagasari yang cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuaat kue basah nagasari isi pisang ini juga sederhana dan praktis. kamu tidak akan merasa kesulitan meskipun sebelumnya belum pernah membuatnya sama sekali.

    Nah, buat kalian yang ingin membuat kue nagasari isi pisang enak, kalian bisa langsung ikuti panduan masak step by step dengan resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini. Kalian juga bisa lihat Video panduan lengkap cara membuat Kue Nagasari Ini Lho..

    Resep Cara Membuat Nagasari Isi Pisang Enak dan Lembut

    Kue Nagasari Pisang

    Bahan :
    • Pisang kepok 5 buah, ( 1 buah dipotong-potong menjadi 6 bagian)
    • Tepung beras 250 gr
    • Santan kekentalan sedang 1000 ml dari 1 butir kelapa
    • Gula pasir 150 gr
    • Garam 1/2 sdt
    • Daun pandan 1 lembar simpulkan
    • Daun pisang secukupnya

    Cara Membuat Nagasari Pisang:
    1. Masak santan, gula, garam dan daun pandan hingga gula larut sambil diaduk2
    2. Matikan kompor, lalu dinginkan.
    3. Setelah itu masukkan tepung beras, aduk rata hingga tidak ada adonan yang bergerindil.
    4. Masak kembali adonan sambil diaduk-aduk hingga mengental, angkat.
    5. Letakkan kurang lebih 1 sendok makan adonan nagasari daiatas daun pisang, beri 1 buah potongan pisang, lalu padatkan kemudian dibungkus.
    6. akukan hingga adonan habis.
    7. Kukus nagasari selama 30 menit
    8. Angkat dan sajikan.

    Vidio Panduan Cara Membuat Nagasari Isi Pisang Enak dan Lembut


    Dengan takaran resep dan bahan kue nagasari diatas, maka kue nagasari yang bisa dibuat bisa menghasilkan sekitar 30 buah. 

    0 0

    Es Cendol Buah - Minuman segar Es Cendol Buah ini sangat nikmat disajikan pada saat cuaca panas untuk pelepas dahaga, setiap satu tegukan es buah cendol mampu memberikan kesegaran dan menghilangkan rasa haus yang melanda. 

    Resep Es Cendol Buah Segar

    Es Cendol Buah dibuat dari bahan-bahan yang terdiri dari buah segar seperti buah semangka, buah melon, buah pir, dan buah pepaya. Cara membuatnya pun sangat sederhana, kamu pun bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah. Baik untuk dikonsumsi sendiri maupun dijadikan sebagai dagangan untuk berjualan es cendol buah sebagai peluang usaha rumahan.

    Nah, jika kamu tertarik untuk membuat Es cendol buah yang enak dan segar, kamu bisa coba resep berikut ini.

    Bahan-bahan Es Cendol Buah :

    • 10 potong buah semangka
    • 10 potong buah pear
    • 10 potong buah melon
    • 10 potong buah pepaya
    • 1 bungkus cendol
    • Es batu
    • Air
    • Sirup (gunakan marjan cocopandan)
    • Susu kental manis


    Cara Membuat Es Cendol Buah : 
    1. Campurkan sirup dan susu kental manis kedalam gelas bersama air. Aduk". 
    2. Lalu tuangkan es cendol dan es batu bersama buah nya. 
    3. Test rasa dan sajikan
    Demikianlah Resep dan Cara Membuat Es Cendol Buah Yang Enak dan Segar. Semoga dengan adanya resep minuman segar diatas bisa menjadi ispirasi buat kamu untuk membuat kreasi aneka minuman yang enak. Selamat mencoba.!

    0 0

    Resepi Buah-Buahan Kuah RojakMesti anda tercari - cari resepi kuah rojak buah yang sedap kan ? Nah, kami berikan step by step untuk anda cuba . Memang sedap terangkat.
    Resepi Buah-Buahan Kuah Rojak

    Bahan-Bahan kuah rojak:

    • Kacang
    • Belacan
    • Cili
    • Bawang putih
    • Sangan semua ni.
    • tumbuk semua nya.
    • Lepastu masuk kan kicap + gula. Perah limau nipis klu suka.Kacau siap..


    Bahan cili kering:

    • Cili kering kisar
    • Belacan bakar
    • Gula
    • Tumbuk belacan, lepas tu campur kan semua nya siap


    Bahan asam putih:

    • Asam boy masin putih
    • Gula

    Cara Buat : Campurkan kisar halus,tumbuk pon boleh.. Siap

    *credit resepi by: IWan ShAh‎

    0 0

    Resepi Kue Apam Beras Enak - Apam mekar tepung beras ni sesuai juga dihidangkan kepada kanak-kanak kerana rupanya yang sangat comel. 
    Resepi Kuih Apam Tepung Beras

    Nak buat Kue Apam Tepung Beras? Cuba ni resepi Kue Apam Beras enak & Sedap. Resepi Apam Mekar Tepung Beras yang gebu, lembut dan cantik sangat kejadiannya. Caranya cukup mudah dan cepat pula disediakan. Dicoba ye..!

    Resepi Cara Penyediaan Apam Tepung Beras

    Bahan-Bahanya:
    • 2 cawan nasi
    • 2 cawan gula
    • 3 cawan air
    • blender semua bahan diatas sampai halus ye
    • 4 cawan tepung beras
    • 1 peket mauripan


    Cara Penyediaan Kue Apam Beras :
    1. Campurkan tepung dan Mauripan, gaul2kan biar sebati, masukkan bahan yg di blender tadi,gaul2kan gune senduk ye bg sebati semua bahan, campurkan juge sedikit sirap bg warna nampak menarik
    2. Perap 30 minit sebelum di kukus, kukus 10minit untuk bekas kecik macamni. 
    3. slmt mencube, semoga berjaya.

    0 0

    Kue Lumpur Lapindo - Pengen tau apa saja resep Kue Lumpur Lapindo dan bagaimana cara membuatnya? Yuk coba resep Kue Lumpur Lapindo yang enak dan mudah kreasi dari dapurnya mami chef @febrianaituayyu, dijamin enak dan lumer...
    Resep Kue Lumpur Lapindo

    Bahan Kulit :
    • 150 gr terigu
    • 1 butir telur
    • 200 ml santan kara 65 ml + air
    • 1 sdm gula pasir
    • 1/4 sdt garam
    • 1 sdm margarin (cairkan)
    • Pasta pandan secukupnya


    Bahan vla :
    • 2 bks santan kara @65ml
    • 170ml air
    • 50 gr gula pasir
    • 30 gr maizena
    • 1/2 sdt vanilli


    Cara membuat Kue Lumpur Lapindo:
    1. Campur semua bahan kulit kecuali margarin,aduk dengan whisk sampai rata&licin,lalu masukan margarin leleh
    2. Panaskan cetakan lumpur,oles margarin lalu tuang penuh adonan ke cetakan
    3. Tunggu sampai bagian pinggir matang,lalu ambil dengan sendok bagian tengah adonan yg masih cair,sampai terlihat ada cekungannya.panggang lagi sampai matang
    4. Angkat dan sisihkan -dalam panci campur semua bahan vla,masak sampai meletup letup dan kental
    5. Kemudian tuang vla tadi diatas kulit tadi
    6. Sajikan

    0 0

    CIRENG - Cireng merupakan salah satu jenis jajanan gorengan asal Bandung yang sederhana, gurih, dan bikin nagih. Cemilan ini dibuat dengan cara digoreng. Adonan cireng dibuat dari bahan campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat terkenal di daerah Jawa Barat, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa.
    Cara Membuat Cireng Asli Bandung

    Pengen bikin cemilan cireng khas Bandung asli? Yuk coba resep cireng berikut ini, dijamin nagih.

    Bahan-Bahan Bumbu dan Cara Membuat Cireng

    1. Bahan Biang :
    • 50 gr Tepung Aci / Tepung Tapioka
    • 150 ml Air

    2. Bahan Cireng :
    • 150 gr Tepung Aci
    • 2 siung Bawang putih, haluskan
    • 1/2 sdt Garam
    • 1/2 sdt Kaldu bubuk (sy, kaldu jamur)
    • 1/2 sdt Penyedap (sy, skip)
    • 1 batang Daun bawang, iris halus
    • Tepung aci sedikit untuk taburan dan melapisi tangan agar tidak lengket
    • Minyak goreng secukupnya

    3. Pelengkap Sambal Rujak Gula merah :
    • Gula merah, cabe rawit, asam jawa, terasi bakar dan garam ulek jadi satu. Tambahkan sedikit air matang untuk mengencerkan.
    Cara Buat Cireng:

    Resep Cireng Khas Bandung
    1. Adonan biang : semua bahan biang diaduk jadi satu sampai aci tidak menggumpal. Nyalakan api, masak sampai adonan lengket seperti lem dan berubah bening. Angkat dan biarkan hangat.
    2. Adonan Cireng : semua bahan aduk jadi satu sampai rata.
    3. Tuang adonan biang ke dalam adonan cireng, aduk rata sambil diuleni
    4. Apabila adonan sudah tercampur rata, taburi tangan dengan tepung aci agar tidak lengket, ambil sedikit adonan (sy, 20 gr) bentuk bulat dan pipihkan. Beri taburan masing-masing lembar cireng, agar tidak lengket.
    5. Panaskan minyak goreng agak banyak, ambil sebuah adonan tekan-tekan/cubit-cubit pinggirnya sampai agak tipis. Masukkan dalam minyak panas, goreng dengan api agak kecil sampai matang dan sedikit kering (jangan terlalu kering menggorengnya, nanti keras cirengnya). Angkat dan tiriskan.
    6. Cireng siap disajikan dengan Sambal Rujak Gula Merah.

    Tips menggoreng cireng yang aman
    • Saat ini, isian untuk cireng sangatlah beragam. Ada yang berisi kornet, sosis, ayam dll. Namun ternyata isian dari cireng tersebut bisa menyebabkan cireng meledak saat digoreng.
    • Agar cireng tidak meledak, Isian jangan terlalu basah atau berair , sebaiknya tumis terlebih dahulu adonan isian yang basah hingga menjadi benar-benar kering.
    • Saat menggoreng biarkan apinya panas dulu setelah panas kecilkan api, gunakan api sedang.

    Video Cara Membuat Cireng

    Nah, untuk lebih memudahkan kamu tentang panduan lengkap cara membuat cireng yang enak dan gurih, kamu bisa tonton video resep cara membuat cireng sederhana berikut ini

    0 0

    OGURA CAKE - Ogura cake jika dilihat secara sekilas memang hampir mirip seperti kue bolu. Namun saat kue ini disentuh atau disantap, tekstur kue ini baru terlihat beda, mirip-mirip seperti chiffon dengan tekstur kuenya yang lembut dan ringan. Nah disaat kita membuat chiffon, pasti sebisa mungkin kita harus menggunakan loyang khusus kan, tapi ternyata kalau mau bikin ogura cake kita tidak perlu memakai loyang khusus seperti kita membuat chiffon Lho. Kamu bisa pakai loyang kue biasa dengan ukuran apapun (tergantung resep), tapi kue basah ini perlu dibuat dengan teknik khusus yaitu dengan teknik au bain marie atau hot water bath. Au bain marie adalah teknik memanggang kue dimana loyang berisi adonan yang sudah dialasi dengan loyang berukuran lebih besar dan berisi air hangat. Dengan cara ini, tekstur ogura cake bisa lembut dan halus.
    Resep Ogura Cake Cheese Cottony

    Bahan-bahan untuk membuat Ogura cake ini mudah didapat dan sederhana, Bahan yang perlu dipersiapkan yaitu terigu protein rendah, telur, gula, cream of tartar, minyak sayur, dan santan atau susu. Untuk mendapatkan tekstur kue yang lembut, adonan ogura cake memakai kuning telur dengan jumlah yang cukup banyak. Hal ini juga diseimbangkan dengan putih telur yang dikocok dengan gula hingga soft peak, sehingga membentuk meringue dan nantinya akan dicampur dengan adonan kuning telur.

    Nah, buat lakian yang pengen coba membuat Ogura cake sendiri dirumah dengan mudah, berikut ini ada beberapa pilihan aneka resep Ogura cake yang lembut dan nikmat yang bisa kalian coba.

    5 RESEP OGURA CAKE ENAK, LEMBUT DAN LEZAT


    #1. OGURA MACAN
    Resep Cara Membuat Ogura Cake Macan

    Bahan Ogura Macan A:
    • 5 btr kuning telur
    • 1 btr telur utuh
    • 40 gr minyak
    • 85 gr santan kental instan
    • 95 gr tepung kunci
    • 1/2 sdt vanilla pasta


    Bahan Ogura Macan B:
    • 5 btr putih telur
    • 1/4 sdt garam
    • 85 gr gula pasir
    • 1/4 sdt cream of tartar / 1 sdt perasan jeruk nipis

    Tambahan Ogura Macan :
    • Pasta moka dan pasta cokelat


    Cara membuat Ogura Macan:
    1. Aduk bahan A sampai rata, licin dan tidak bergerindil.
    2. Kocok putih telur, garam, cream of tartar / perasan jeruk nipis sampai berbusa, masukkan gula pasir bertahap sampai softpeak saja.
    3. Masukkan kocokan putel ke adonan A, secara bertahap 1/3 bagian dulu. Aduk balik dengan spatula lanjutkan 1/3 bagian sisanya lakukan sampai habis.
    4. Bagi adonan menjadi 1/2 bagian (vanila) 1/4 bagian beri pasta moka dan 1/4 bagian beri pasta cokelat.
    5. Tuang pada loyang diameter 18 / 20 yang sudah diberi olesan dan alas roti.
    6. Tuang selang seling bergantian. Biar rapi bagi siapkan coretan kertas untuk membagi sama rata. Taruh loyang diatas timbangan, tuang adonan dengan ditimbang.
    7. Panggang 55-60 mnt suhu 160-170 °c dengan teknik Au Bain Marie (loyang utama di beri alas loyang lebih besar yang berisi air)
    8. Lakukan tes tusuk. Potong cake setelah benar2 dingin.


    #2. OGURA CAKE WITH CHEDDAR CHEESE
    RESEP OGURA CAKE WITH CHEDDAR CHEESE

    Bahan Ogura Cake With Cheddar Cheese:
    • 3 butir kuning telur
    • 1 butir telur utuh
    • 50 gr susu uht
    • 40 gr minyak sayur / canola oil
    • 50 gr tepung terigu
    • 1/8 sdt garam
    • 1/4 sdt vanilla extract / cair
    • 3 butir putih telur
    • 50 gr gula pasir
    • 2 lembar keju cheddar (masing2 dibagi 2 -> jd 4 lembar kecil).

    1. Panaskan oven 160 derajat api atas bawah tanpa fan.
    2. Siapkan Air panas untuk pemanggangan au bain marie
    3. Siapkan kertas anti lengket untuk alas loyang. Sisinya tdk perlu dioles.
    4. Aluminum foil untuk alas loyang bila pakai loyang bongpas (supaya air tidak merembes masuk)


    Cara Membuat Ogura Cake With Cheddar Cheese:
    1. Panaskan minyak, sampai pinggirannya bergelembung saja lalu matikan api, masukkan tepung terigu. Aduk hingga halus.
    2. Masukkan kuning telur dan telur utuh satu persatu sambil diaduk hingga tercampur rata.
    3. Masukkan susu & vanilla aduk.
    4. Masukkan garam. Aduk rata.
    5. Kocok putih telur sampai berbusa lalu masukkan gula dalam 3 tahap. Kocok hingga soft peak saja.
    6. Masukkan ke dalam adonan kuning telur sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.
    7. Tuang 1/2 adonan dalam cetakan yang bulat diameter 15 cm dan tinggi 7 cm. Tata keju cheddar lalu tuang sisa adonan.
    8. Lalu hentakkan loyang dimeja supaya gelembungnya hilang.
    9. Panggang secara au bain marie (pastikan air yang digunakan adalah air panas bukan air biasa). Panggang dengan suhu 160 derajat selama 40 menit. Lalu turunkan menjadi 140 derajat selama 20 menit. (Suhu disesuaikan dengan oven masing2).
    10. Saat matang hentakan loyang diatas meja 1 kali supaya kue tidak mengkerut saat matang. Keluarkan kue dari loyang dan sajikan.


    #3. OGURA PANDAN SOY MILK
    Resep Ogura Cake Pandan Soy Milk

    Bahan Ogura Cake Pandan Soy Milk A :
    • 5 butir Kuning Telur
    • 1 butir Telur utuh
    • 60 gr Minyak Goreng (merk bebas)
    • 80 gr Susu Kedelai tawar
    • 80 gr Tepung Protein Rendah misal Kunci Biru
    • 1/2 sdt Vanilla Pasta


    Bahan Ogura Cake Pandan Soy Milk B :
    • 5 butir Putih Telur
    • 95 gr Gula Pasir halus
    • 1/4 sdt Garam
    • 1 sdt Air jeruk nipis atau 1/4 sdt Cream of Tar2


    Bahan Ogura Cake Pandan Soy Milk C : 
    • 1/2 sdt Pasta Pandan good quality


    Cara Membuat Ogura Cake Pandan Soy Milk :
    1. Aduk semua bahan A jadi 1 pake ballon whisk sampai tercampur rata seperti pasta yang licin,sisihkan
    2. Kocok Putih telur+garam+air jeruk nipis sampai mulai berbusa,bertahap masukkan gulpas sambil terus dimixer sampai mengembang softpeak
    3. Masukkan Kocokan putih telur ke pasta A bertahap pake spatula,aduk balik sampe rata
    4. Tuang dalam loyang kotak 20cm yang uda dialasi kertas
    5. Panggang dengan sistem Au bain marie (loyang utama dialasi loyang lain berukuran lebi besar,diisi air setinggi 1cm)
    6. Panggang dalam suhu 160-170 drajat selama 50-55 menit atau sesuaikan suhu oven masing2


    #4. OGURA PANDAN CAKE 
    Resep Ogura Pandan Cake

    Bahan Ogura Pandan Cake A:
    • 5 butir Kuning telur
    • 1 butir Telur utuh
    • 40 gr Minyak goreng
    • 80 gr Santan kental instant
    • 1 sdt Pasta Pandan (bole ganti jus pandan blender sm santan
    • 1/2 sdt Pasta Vanilla
    • 85 gr Tepung Kunci
    • 2 sdt Poppy Seeds ( saya skip )


    Bahan Ogura Pandan Cake B:
    • 5 butir Putih telur segar
    • 1/4 sdt Garam halus
    • 1 sdt Air jeruk nipis > saya ganti dgn COTT
    • 95 gr Gula Pasir


    Cara Membuat Ogura Pandan Cake:
    1. Aduk semua bahan A jadi 1 pake whisk yaa sampe rata. sisihkan
    2. Bahan B: Mixer putih telor+air jeruk nipis sampe mulai berbusa,masukkan gulpas 3x bertahap sampe mengembang softpeak
    3. Masukkan bahan B ke dalam bahan A pake spatua bertahap sampe abis
    4. Tuang adonan ke loyang kotak/bulet 20cm yah,jangan lupa olesi kertas dulu
    5. Panggang suhu 170 drjt selama 50 menit ato sesuaikan ove masing2 ya dengan teknik Au bain marie (loyang utama alasi loyang lain yg lebi gede,dikasi air 1cm)
    6. Masukkan loyang gedenya barengan waktu panasi oven


    #5. HOMADE PANDAN OGURA CAKE
    Resep Ogura Cake Pandan

    BAHAN 1:
    • 5 butirKuning Telur
    • 1 butirtelur utuh
    • 40 grMinyak (saya: butter wijsman yg dicairkan)
    • 80 grSantan instant kental (saya: susu UHT)
    • 1 sdtPasta Pandan (saya: endapan pandan)
    • 85 grTepung Kunci biru
    • (Saya tambahkan 2 sdm susu bubuk)


    BAHAN PUTIH TELUR:
    • 5 btrPutih Telur
    • 1/4 sdt Garam
    • 85 grGula Pasir
    • 1/4 sdtCream of tar2 bole ganti 1 sdm peresan jeruk nipis
    CARA MEMBUAT :

    1. Aduk semua bahan 1 sampai rata ya
    2. Kocok putih telur+garam+Cream of tar2/air jeruk nipis sampei keluar busa,masukkan gulpas bertahap sampai tahap soft peak putelnya..
    3. Masukkan putih telur ke Pasta 1 bertahap sampai rata
    4. Tuang ke dalam loyang 20cm yg uda di lapisi kertas silpat
    5. Panggang selama 55 menitan suhu 160-170 drjt,dengan teknik Au Bain Marie (letakkan 1 loyang lebi besar di bawah loyang utama,lalu dikasi air setinggi 5cm aja) sesuaikan oven masing2.

    0 0

    Donat (doughnut atau donut dalam bahasa Inggris) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat merupakan salah satu cemilan dengan rasa manis yang lezat dan menggugah selera. Dengan tekstur yang lembut dan kenyal, sehingga hampir semua orang dari berbagai usia menyukai makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu ini.

    Tak hanya bisa disantap langsung, donat juga sangat lezat dan nikmat kalau dipadukan dengan beragam aneka jenis topping, seperti gula halus, cokelat leleh, atau selai stroberi.
    Kue Donat

    Nah, mungkin diantara kalian masih ada yang bertanya-tanya, Apa bahan donat?  Resep dan langkah membuat donat? Langkah langkah membuat donat? Untuk menjawap pertanyaan seperti ini maka artikel ini kami buat.

    Resep donat yang satu ini bener-bener juara mulai dari bahannya yang ekonomis, teksturnya empuk dan lembut, bentuknya cantik menul-menul mengembang dan rasanya juga mantap mengenyangkan.

    Dalam resep ini diajarkan teknik bagaimana cara membuat kue donat agar hasil adonannya tetap kalis sehingga donat mengembang sempurna. Serta perkiraan modal biaya yang dibutuhkan untuk membuat kue donat. Untuk lebih memahami prosesnya, simak resep cara membuat kue donat ekonomis dengan bahan tepung terigu dibawah ini, lengkap dengan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membuat kue donat yang bisa dijadikan pertimbangan.

    RESEP CARA MEMBUAT DONAT BERBAHAN TEPUNG TERIGU

    Bahan Bahan Kue Donat:
    • 250 gr terigu
    • 1 butir telur
    • 125 ml susu cair+25 ml air es
    • 50 gr gula pasir
    • 50 gr margarin
    • 6 gr ragi
    • 1/2 liter minyak goreng
    • 125 gr gula halus ( untuk toping )


    Cara Membuat Kue Donat:
    1. Campur susu cair dan air es jadi saatu, lalu aduk rata.
    2. Masukan tepung terigu, gula, dan ragi, kemudian uleni adonan donat sampai kalis. Tambahkan margarin uleni lagi sampai adonan benar-benar kalis elastis.
    3. Selanjutnya diamkan adonan kue donat selama sekitar 15 menit atau sampai mengembang, lalu bagi adonan masing-masing dengan berat 30 gr (bisa gunakan timbangan atau berdasarkan perkiraan).
    4. Bulatkan adonan donat yang sudah di diamkan tadi lalu lubangi bagian tengahnya, sisihkan.
    5. Panaskan minyak dengan api kecil selama 15 menit. Jika minyak sudah panas, kemudian goreng donat sampai berwarna kuning keemasan ( 1 balikan saja).
    6. Jika dirasa sudah matang, Angkat dan Sajikan kue donat dengan diberi taburan gula halus atau toping sesuai selera.


    PERKIRAAN TOTAL BIAYA MEMBUAT KUE DONAT

    Berapa total biaya untuk membuat kue donat diatas? Berdasarkan perkiraan, total biaya untuk membuat kue donat diatas adalah Rp 19.000. Dengan estimasi perhitungan modal awal membuat kue donat sebagai berikut:

    Estimasi biaya :
    • Terigu 250 gr = 2500
    • Susu cair 125 ml = 3000
    • Gula pasir 50 gr = 1000
    • Telur 1 = 1500
    • Margarine 50 gr = 1000
    • Ragi 6 gr = 2000
    • Minyak goreng 1/2 liter = 6000
    • Gula halus 125 gr = 2000 .


    Total biaya modal = 19.000
    Dari 250 gr terigu bisa menghasilkan 16 donat

    Cukup murah bukan? Dengan modal sembilan belas ribu rupiah kalian sudah bisa membuat kue donat sekitar 16 buah kue donat disetiap 250 gr tepung terigu. Resep donat ini sangat cocok buat kalian yang pengen jualan kue donat sebagai peluang usaha sampingan, karena margin keuntungan lumayan menggiurkan. Misalkan saja harga jual kue donat 1 buah = minimal 2500 maksimal 3000 (toping gula halus), maka kalian akan memperoleh omset Rp. 40.000 rupiah (dengan harga jual Rp 2.500), Jika kalian menjualnya dengan harga Rp 3.000 maka omset yang kalian dapatkan adalah Rp 48.000 rupiah. Keuntungan bersih bisa mencapai 50% lebih, Lumayan kan... Selamat Mencoba!

    0 0

    Kue apem atau kue yang lebih familiar disebut sebagai kue apam ini merupakan salah satu jajanan pasar dalam kategori kue basah yang menjadi salah satu ikon kue tradisional yang enak. Kue apem yang memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut di mulut, kue ini cukup populer bagi kalangan masyarakat betawi , jawa dan lain sebagainya. 
    Resep Kue Apem Khas Indonesia

    Kue apem adalah kue kukus khas nusantara yang tetap eksis hingga saat ini, karena selain dijadikan sebagai panganan camilan keluarga, kue apem juga biasa disajikan pada saat ada acara-acara tertentu. 

    Kue berbahan dasar tepung beras ini sangat mudah untuk dibuat. Bahan dasar, bentuk, dan tekstur kue apem ini ada yang mengatakan hampir mirip dengan surabi dari Sunda.  Kue apem tradisional ini mulai langka didapatkan. Yuk, simak resep dan cara membuat kue apem tradisional yang enak, lezat, dan mudah ini.

    RESEP CARA MEMBUAT KUE APEM TERBAIK DAN PALING ENAK


    Bahan- Bahan Untuk Membuat Kue Apem:
    • 500 gr tepung beras
    • 100 gr tape singkong (buang sumbu nya) 
    • 50 gr gula jawa sisir
    • 100 gr gula pasir (sesuaikan tingkat kemanisan)
    • Parutan kelapa (¼ butir)
    • ½ sdt vanili bubuk
    • Secubit garam
    • Secukupnya air


    Cara Membuat Kue Apem:
    1. Campur tepung beras, tape singkong, parutan kelapa, beri sedikit demi sedikit air. Kemudian masukkan gula jawa, gula pasir, garam dan vanili bubuk.
    2. Uleni semua bahan sampai lembut. Konsistensi adonan sedang (tdk kental tdk terlalu cair). Diamkan semalaman atau kurleb 6 - 12 jam. Sampai adonan berbuih.
    3. Kemudian panaskan cetakan apem, beri sedikit minyak goreng.
    4. Tuang adonan 1 sendok sayur lebih sedikit ke dalam cetakan. Kemudian tutup.
    5. Setelah beberapa saat balik. Tutup kembali. Setelah kecoklatan angkat. Siap disajikan.


    Sejarah Asal Muasal Kue Apem

    Istilah apem cimplo sebenarnya diambil dari bahasa Arab, yaitu (afuan/ afuwwun), yang berarti memiliki makna "Ampunan". Dalam filosofi Jawa, kue ini dijadikan sebagai simbol permohonan ampun atas berbagai kesalahan. Namun, karena orang Jawa menyederhanakan bahasa Arab tersebut, maka kue ini disebutlah apem.

    Berkaitan dengan penggunaan makna tersebut, masyarakat Jawa biasanya membuat apem saat menjelang bulan puasa atau Ramadan. Inilah yang disebut tradisi megengan. Megengan berasal dari bahasa Jawa 'megeng' yang berarti menahan diri, bisa diartikan sebagai puasa itu sendiri. 

    Nah, kue apem selong dibuat untuk dibawa ke surau, musala, atau masjid. Setelah berdoa bersama, kue apem dibagi kepada para tetangga atau mereka yang kurang beruntung. Sehingga bisa dikatakan, kue ini juga sebagai sarana untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap rezeki yang sudah kita dapatkan. 

    Secara garis besar, makna filosofi kue apem nasi putih di kalangan masyarakat Jawa itu sama. Termasuk orang-orang Madura, khususnya Sumenep, yang memiliki tradisi apeman. Cara pembuatannya pun sama. Maknanya juga hampir sama, menunjukkan adanya tali silaturahmi karena nantinya juga dibagikan kepada tetangga atau santri (bila di lingkungan pesantren). Waktu pelaksanaan pembuatannya pun juga pada saat menjelang bulan puasa. 

    0 0

    Kentang keju goreng menjadi salah satu camilan yang paling disukai oleh hampir semua orang. Olahan kentang seperti perkedel, pasta atau lainnya nampaknya juga tak bisa ditolak begitu saja oleh penggemar kentang.

    Nah, ngomongin soal olahan kentang, kali ini ResepKueKomplit.com punya resep olahan kentang yang lagi hits banget, Yaitu Kentang Keju Goreng. Kalau soal rasa jangan khawatir, rasanya sungguh enak kebangetan dan bikin ketagihan.

    Penasarankan bagaimana cara membuat kentang keju goreng? Biar kalian tidak penasaran, yuk simak resep cara membuat cemilan kentang goreng keju dibawah ini.

    RESEP KENTANG KEJU GORENG
    Resep Kentang Keju Goreng

    Bahan Bahan Kentang Keju Goreng:
    • 1 bks tepung perkedel 
    • 120 ml air 
    • 1/2 blok keju quick melt (potong panjang jadi 8 bagian) 
    • 1 butir telur (kocok lepas)
    • tepung roti secukupnya .

    Cara Buat Kentang Keju Goreng: 
    1. Campur tepung perkedel dgn air, aduk sampai kalis. .
    2. Ambil 1 sendok makan adonan isi dgn keju, padatkan. .
    3. Celupkan ke telur, gulingkan ke tepung roti. .
    4. Goreng sampai keemasan .
    5. Angkat, tiriskan & sajikan...
    Resep dan video cara membuat kentang keju goreng diatas bersumber dari akun intagramnya @genikayu, semoga dengan hadirnya resep ini bisa bermanfaat yaa... Selamat masak!

    0 0

    Kue Putri Salju - Bagaimana cara membuat kue putri salju? Dan Apa Resep kue putri salju? Cara membuat kue putri salju sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara membuat kue nastar. Idealnya hasil akhir kue lumer, lembut, dan mudah hancur dalam sekali gigitan. Aromanya bakal lebih istimewa jika menggunakan mentega (butter). Hemmm, Yummy..! Yuk intip resep kue putri salju pandan yang enak dibawah ini..

    RESEP PUTRI SALJU PANDAN

    Resep Kue Putri Salju Pandan
    Resep By @mbaiyya

    Bahan-Bahan Untuk Membuat Kue Putri Salju:
    • 230 gr butter
    • 100 gr margarin
    • 90 gr gula halus
    • 3 kuning telur
    • 350 gr terigu prot sedang
    • 100 gr maizena
    • 50 gr susu bubuk
    • 1 sdt pasta pandan


    Bahan Taburan Kue Putri Salju:
    • Donat icing
    • Susu bubuk


    Cara Buat Kue Putri Salju:
    1. Kocok butter dan gula halus, masukkan kuning telur. Kocok asal rata saja, maksimal 2 menit.
    2. Matikan mixer, kemudian masukkan pasta pandan. Aduk rata.
    3. Masukkan secara bertahap bahan kering yang sudah diayak. Lalu aduk rata menggunakan sendok kayu.
    4. Bentuk adonan kue putri salju sesuai selera.
    5. Selanjutnya panggang adonan kue putri salju yang sudah dibentuk tadi kurang lebih selama 25-30 menit dengan suhu oven sekitar 140-150C (sesuaikan oven masing2).
    6. Keluarkan dari oven, lalu beri taburan donat icing. Angin-anginkan sebentar, beri lagi taburan donat icing dan susu bubuk.
    7. Sajikan.

    Selamat baking, Moms. Jangan lupa disimpan di wadah yang kedap udara agar tahan lebih tahan lama. 

    0 0

    Cara Mudah Buat Silky Pudding - Assalamu'alaikum semua para pecinta puding. Hari ini kami akan berbagi resep silky puding yang super lembut. Silky puding yang akan kami buat kali ini langsung 3 rasa ya, ada rasa coklat, greentea dan mangga.

    Jadi buat kalian yang pengen nikmatin atau buat silky puding berbagai rasa cocok banget nih nyobain resep yg satu ini.

    Langsung aja yuk simak videonya. Resepnya ada dibagian bawah yaa..

    RESEP SILKY PUDING
    Resep Cara Membuat Silky Pudding

    Bahan Silky Pudding :
    1. 1 bungkus agar agar plain 
    2. 1 bungkus nutrijell plain 
    3. 1 kaleng susu evaporasi ( bisa ganti 1 kaleng SKM, tapi lebih creamy pakai susu evaporasi) 
    4. 2 sdm tepung custard ( bisa ganti maizena) 
    5. 2200 ml air 
    6. 200 gr gula pasir ( kalo pakai Susu Kental Manis, takarannya dikurangi jadi 7 sdm) 
    7. 1/2 sdt garam 
    8. 3 rasa bubuk minuman ( chocolatos coklat, chocolatos greentea dan nutrisari mangga)

    0 0

    Resep Kue Pandan Kukus
    Resep Kue pandan kukus ini adalah resep dari hasil bakingan bunda @saliha.kitchen, silahkan dicoba.. Bahan-bahanya cukup simple dan cara membuatnya juga gampang banget.. Selamat mencoba..!

    Bahan A:
    • 6 butir telur
    • 1/2sdm SP
    • 200gr gula pasir
    • 1sdt Vanili

    Bahan B: 
    • 125gr tepung terigu
    • 1sdt baking powder
    • 50gr susu bubuk
    (Ayak semua bahan B)

    Bahan C:
    • 175 margarin, lelehkan
    • 2 sdm susu kental manis
    • Pasta pandan secukupnya ( bisa juga menggunakan 2sdm sari daun pandan yg di belnder dan di ambil sarinya saja). 


    Cara Membuat Cake Pandan Kukus Enak:
    1. Kocak bahan A hingga putih berjejek, dengan mixer kecepatan paling tinggi. 
    2. Masukkan bahan B, aduk dengan wisk atau spatula.
    3. Masukkan bahan C. 
    4. Kukus adonan selama kurang lebih 25-30menit. Sebelum di angkat cek kematnagn denagn menusuk pake lidi. *Sebelum mixer bahan, siapkan kukusan, bungkus tutup kukusan dengan kain yang menyerap air. Pansakan hingga benar2 panas

    0 0

    Cara membuat nuttela cheese pie tart

    Resep dan cara membuat nuttela cheese pie tart -Resep ini sebenarnya didapat dari akun instagramnya bunda Lindawati, karena resepnya bener-bener endeuss banget maka saya share disini. Buat yang mau tau lebih jauh tentang beliau, silahkan follow langsung IGnya @dapur_lindawaty. Oya, buat yang mau coba bikin kue lezat seperti Nuttela Cheese Pie Tart ini resepnya sudah ada di bawah yaa, lengkap dengan video di akhir artikel ini lhoo...

    Cara Membuat  Nuttela Cheese Pie Tart

    Bahan :

    • 125 gr unsalted butter
    • 130 gr gula halus
    • 260 gr tepung terigu
    • 40 gr coklat bubuk
    • 1 butir telur

    Bahan cheese nya:

    • 250 gr cream cheese
    • 15 gr butter
    • 50 gr gula halus
    • 1 butir kuning telur
    • 1sdt air lemon
    • 1/2 sdt vanilli cair

    .
    Cara membuat :

    1. Mixer butter dan gula aduk dengan mixer kurang lebih 1 menit
    2. Masukan telur dan aduk rata, campur dengan terigu dan aduk rata dengan spatula kayu, istirahatkan kan 15 menit masukan dalam kulkas.
    3. Cetak dengan cetak pie
    4. Tusuk bagian tengah dengan garpu 
    5. Lakukan hingga adonan habis 
    6. Panggang dalam oven yang telah di panaskan 15 menit pertama dengan suhu 170 derajat celcius api atas dan bawah selama 20-25 menit.kemudian angkat dan dinginkan lalu panggang kembali kurang lebih 15 menit.

    .
    Cara membuat cheese :

    1. Satukan cheese, butter dan gula mixer hingga lembut dan rata 
    2. Masukkan kuning telur d yang sudah dikocok sedikit demi sedikit lalu mixer sebentar saja dan air jeruk lemon

    .
    Penyelesaian :

    1. Letakan filling di tengah tart 
    2. Masukkan cream cheese dalam plastik segitiga.
    3. Beri nuttela hingga setengah pir
    4. Letakkan cream cheese secara membuncit dan menggunung kalau mau lebih buncit bisa di tambahkan lebih banyak cream cheesenya 
    5. Panggang selama 10-15 menit dengan suhu 170 derajat celcius api atas dan bawah (tart yang sudah matang jika kita sentuh dengan jari, cheese tidak menempel pada tangan)
    6. Jika sudah matang bisa beri hiasan dengan edible stamp @sugarpotz .

    Vidio Cara Membuat Nuttela Cheese Pie Tart


    0 0

    Cara Membuat Kue Pukis Original
    Resep Kue Pukis Original -Kue pukis adalah salah satu panganan tradisional khas nusantara yang cukup legendaris. Salah satu jajanan pasar ini hingga saat ini masih eksis dan memiliki banyak peminat. Sekarang banyak kita temui beragam variasi olahan kue pukis, seperti Kue Pukis Tape Coklat Keju

    Kue pukis dibuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, dan bahan-bahan kue lain. Sedangkan untuk bahan perisanya biasanya kue pukis ini menggunakan pandan atau perisa makanan yang lain. 

    Cara membuat kue tradisional ini juga sangat mudah, hampir sama seperti membuat Kue Rangin.  Dibawah ini akan saya bagikan resep dan cara membuat kue pukis yang enak By @cynthiahali

    RESEP KUE PUKIS ORIGINAL

    Bahan-bahan :

    • 120 gram tepung terigu protein sedang 
    • 60 gram gula pasir 
    • 2 butir telur 
    • 1 sendok teh ragi instan 
    • 1/4 sendok teh gula pasir 
    • 50 ml air hangat
    • 1/4 sendok teh garam 
    • 100 ml susu cair 
    • 1 sendok makan margarin, dilelehkan

    Cara Membuat Kue Pukis Original:

    1. Aduk rata ragi instan, gula pasir, dan air hangat. Diamkan 15 menit.
    2. Kocok telur, gula pasir, dan garam sampai mengembang.
    3. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata , lalu tambahkan larutan ragi instan , aduk rata. Kemudian masukkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Diamkan 30 menit.
    4. Masukkan margarin leleh. Aduk rata.
    5. Panaskan cetakan pukis , Tuang adonan , tutup dan biarkan sampai matang.

    0 0

    Cara Membuat Onde onde Pelangi
    Resep Onde-Onde Pelangi - Onde Onde Pelangi merupakan satu dari sekian banyak resep jajanan pasar khas nusantara yang keberadaanya masih eksis hingga sekarang. Onde-onde memiliki ciri khas dengan bentuk yang bulat, di bagian atas terdapat taburan wijen di lapisan luarnya.

    Proses pembuatan panganan tradisional ini dilakukan dengan cara digoreng dan di bagian dalamnya diisi dengan berbagai macam bahan isian, umumnya yang sering dipakai adalah kacang hijau, cokelat, sedangkan untuk varian isian yang lain bisa disesuaikan dengan selera. Jika bunda ingin mencoba Onde-onde kentang, bunda bisa baca resepnya di sini : Resep dan Cara Membuat Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes

    Pada umumnya, tepung ketan adalah salah satu bahan utama yang banyak digunakan dalam pembuatan onde-onde. Berikut adalah resep cara membuat onde-onde pelangi dengan isian kacang hijau yang dapat dicoba di rumah. Resep ini merupakan resep dari bunda Yuli Rahmawati, silahkan dicoba!

    Bahan-bahan Utama Untuk Membuat Onde Onde Pelangi 


    Bahan Isi Onde Onde Pelangi :

    • 200 gr Kacang hijau kupas
    • 100 gr Gula pasir
    • 1 scht Santan Kara 65ml +50ml air
    • Sejumput Garam
    • 2 lbr Daun pandan

    Bahan kulit Onde-onde:

    • 20 sdm Tepung Ketan
    • 4 sdm Terigu Cakra
    • Sejumput Garam
    • Secukupnya Air hangat
    • Pewarna makanan
    • Secukupnya Wijen

    Panduan Cara Membuat Onde Onde Pelangi :

    Cara Buat Isi Onde-onde: 

    1. Cuci kacang hijau kupas, rendam 1jam. Kukus bersama daun pandan sampai empuk & mekar.Haluskan. 
    2. Campur kc.hijau yg sdh halus+gula+ garam+santan. Masak sampai kesat & bisa dipulung. Bentuk bulat bulat. 

    Cara Membuat Kulit Onde Onde : 

    1. Campur tepung & garam, uleni dg air hangat sampai terasa ringan& bisa dipulung (+/-7menit) 
    2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, tambahkan warna sesuai selera. 
    3. Buat bulatan kulit, pipihkan, masukkan isi, Bentuk sampai bulat rata.. Kemudian letakkan di baskom yg sudah diisi wijen, putar putar baskomnya sampai seluruh permukaan onde onde terlapisi wijen. 
    4. Goreng onde-onde dengan minyak banyak, perlu diingat saat menggureng onde-onde " gunakan api yg sangat kecil) aduk aduk agar bentuknya bisa bulat sempurna. 
    5. Angkat dan sajikan.

    Semoga resep diatas bisa menjawab beragam pertanyaan pembaca seperti Bagaimana cara membuat onde onde? Apa itu kue onde onde? dan Onde onde terbuat dari apa? Selamat mencoba semoga bermanfaat.

    0 0

    Resep dan Cara Membuat Roll Cake Rainbow Untuk Pemula

    Resep Cara Membuat Roll Cake Rainbow. Roll Cake Rainbow adalah kue bolu gulung yang dibuat warna-warni, bentuknya cantik dan rasanya pasti menggoda. Bahan dasar yang dipakai untuk membuat Roll Cake ini sama seperti resep kue bolu, cara membuatnya saja yang sedikit berbeda. Tapi tenang, Resep dan cara membuat roll cake rainbow ini tidak sesulit apa yang kita bayangkan kok. Mudah banget malah, bahkan buat kamu yang baru pertama kali membuat roll cake juga pasti bisa membuat kue cantik seperti ini. Daripada penasaran, langsung saja simak resep dan cara buatnya seperti dibawah ini yaa..

    Bahan-Bahan Dan Resep Roll Cake Rainbow


    Bahan 1 :
    • 8 butir kutel
    • 5 butir putel
    • 100 gr gula pasir
    • 1 sdt SP


    Bahan 2 :
    • 65 gr tepung terigu
    • 20gr susu bubuk
    • 10 gr maizena

    Bahan 3
    • 110gr mentega+margarin (anchor semua)

    Bahan 4 :
    • pewarna; merah, orange, kuning muda, biru, hijau muda, ungu

    Filling :
    • Buuter cream + setetes pasta pandan


    Cara Membuat Roll Cake Rainbow :

    1. Kocok bahan 1 sampai mengembang, lalu masukkan bahan 2, dan aduk sampai rata.
    2. Campurkan bahan 3 aduk rata kembali. Ambil masing-masing 1 sdm adonan kue dan beri pewarna (bahan 4). Isi kedalam plastik. Tuangkan sisa adonan yang tidak diberi warna kedalam loyang uk.22x22 yang sudah diolesi margarin dan alas kertas. Semprotkan adonan warna warni kedalam adonan basicnya.
    3. Kemudian panggang roll cake menggunakan oven selama 30 menit api atas bawah dengan suhu 170°C.
    4. Keluarkan kue dari loyang tunggu hingga agak dingin, kumudian olesi buttercream. Gulung sambil dipadatkan.
    5. Potong-potong kue bolu gulung dan sajikan dengan teh hangat.


    Bagaimana, mudah banget kan cara membuat Roll Cake Rainbow dengan resep diatas? Saya yakin buat pemula dalam hal baking pun pasti bisa buat kue bolu yang lebih cantik lagi dari ini. Happy Baking..